Cara Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Over birahi merupakan siklus alami pada semua jenis burung tak terkecuali burung cucak jenggot, penyebab dari over birahi dan drop ini tak lain adalah pemberian pakan yang berlebihan/kurang serta pola perawatan yang salah atau gejala alami atau juga hasrat seksual pada cucak jenggot. Burung cucak jenggot yang mengalami over birahi, terutama dalam kondisi berat, sering mengalami aneka gejala yang merugikan. Mulai dari tidak mau bunyi, nakal, atau sering menyakiti diri sendiri dengan mencabuti bulu-bulunya, terutama pada bulu bagian ekornya.

Nah dalam hal ini perawatan cucak jenggot yang over birahi merupakan hal yang lumayan rumit dan menjadi masalah yang cukup melelahkan bagi para penghobi cucak jenggot dan mampu menguras hati dan  pikiran para kicau mania.dalam hal ini perawatan yang harus diperhatikan untuk mengatasi cucak jenggot over birahi adalah dengan cara sebagaui berikut:

Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi
1.Jangkrik dapat menambah birahi pada cucak jenggot jadi ketika cucak jenggot anda sedang jatuh cinta maka sebaiknya mengurangi pemberian jangkrik selama satu minggu penuh dan lihat perkembangannya. Apabila dalam satu minggu kondisi cucak jenggot anda masih over birahi maka sebaiknya isolasi cucak jenggot anda di tempat yang tenang. Pisahkan dari burung jenis lain terutama lawan jenisnya untuk meredam sehingga membuat cucak jenggot milik anda menjadi lebih over birahi.

2.Langkah kedua berikan ulat bamboo sebanyak 1 ekor setiap harinya di pagi hari dan lakukan juga ini selama satu minggu penuh. Jika dalam waktu satu minggu cucak jenggot anda masih dalam kondisi yang over birahi maka sebaiknya hentikan pemberian voer dang anti dengan buah-buahan alami seperti pisang kapok. Jadikan pisang kapok menjadi pakan utama selama satu minggu penuh.

3.Jika dalam kondisi normal cucak jenggot anda hanya dimandikan pagi saja atau sore saja, saat over birahi usahakan cucak jenggot anda intensitas mandinya harus ditambah menjadi 2 kali sehari atau 3 kali sehari sampai cucak jenggot anda tidak menunjukan lagi tanda-tanda over birahi.

4.Kurangi penjemuran cucak jenggot anda jangan terlalu lama, jika cucak jenggot anda biasanya dijemur 1-2 jam maka ketika dalam kondisi over birahi sebiknya jemur cucak jenggot anda tidak lebih dari 30 menit dalam sehari.

5.Untuk menurunkan over birahi pada cucak jenggot sebaiknya anda mengolahragakan cucak jenggot anda di kandang umbaran lebih sering. Umbar cucak jengot anda sebanyak lima kali dalam seminggu di kandang umbaran.

Demikian info Tips Perawatan Dan Cara Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat.

Advertisement